Pages

Manfaat Shalawat

Jumat ini agak mendung di Depok, jumatan bareng sama temen-temen kantor berdelapan. khotib tempat saya sholat Jumat berbicara tentang shalawat. Sholawat sendiri kurang lebih artinya adalah kalimat yang mengandung doa kepada Nabi Muhammad SAW. 

Lalu, apa yang disampaikan khotib ketika khutbah Jumat tadi?
Kira-kira begini isinya:

1. "Barangsiapa bersholawat kepada Nabi Muhammad satu kali, maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali sholawat"

Hal ini berdasarkan hadits shohih berikut ini:
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang mengucapkan sholawat kepadaku satu kali, maka Allah mengucapkan sholawat kepadanya 10 kali.” (HR. Muslim no. 408)

 2. Bersholawat kepada Nabi Muhammad merupakan salah satu sebab terkabulnya doa.

Hal ini berdasarkan hadits berikut ini:
Dari Anas bin Malik Radhiyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Setiap doa tertutup (terhalang dari pengabulannya, pent) hingga ia bershalawat kepada Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam.” (HR. ad-Dailami dan dinyatakan Hasan oleh Syaikh al-Albani).

 3. Orang yang terbanyak membaca shalawat kepada Nabi saw. akan menjadi orang yang lebih utama  disisi Rasulullah saw. 

Nabi Muhammad SAW bersabda:
“Orang yang paling utama disisiku pada hari kiamat ialah orang yang paling banyak membaca shalawat untukku (HR. Tirmidzi)
--

Poin nomor 3 ini yang paling saya ingat ketika belajar tentang sholawat pas ngaji waktu kecil. Ngebayangin Nabi Muhammad yang punya pengikut sebanyak itu di dunia, pas hari kiamat nyamperin dan ngasih syafaat buat kita. Bergetar bayanginnya.


“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah untuknya dan bersalamlah dengan sebenar-benar salam.“ QS. Al-Ahzab:56 23
Selamat hari Jumat. Bagaimana dengan khutbah Jumat di masjid kalian?