Pages

Kementrian Pertahanan RI

   
    Hari Senin (31/4) adalah hari gw ngajar di kementrian pertahanan (bisa disingkat kemhan, dulu sih namanya dephan). Agak sedih juga sih, tempat yang udah kurang lebih setaun gw bolak-balikin Salemba-Depok-Bekasi-Salemba-Depok dst. Disini gue lumayan banyak kenal perwakilan tentara-tentara dari berbagai daerah di Indonesia, dari berbagai angkatan, pangkat, berbagai kesatuan.
Ada pak Wijoyo yang dari Paspamres (FYI: dia jadi komandan paskibraka kelompok 45 lho pas kita main Parade Senja di Istana th.2011. Ada Pak Teddy yang Polisi Militer. Ada, Bu Nur yang baik dan gaul, ada Bu Rani yang bawel tapi baik, banyaaaak... Masing-masing peserta dari masing-masing diklat unik. Ada yang pangkatnya masih sersan dua, sersan satu, sampe pangkatnya Letnan. Banyak deh, bergaul sama mereka menyenangkan menurut gue, gue bisa ketularan mental mereka hasil gemblengan militer yang mereka dapet. Ditambah lagi lokasi kesatuan mereka beda-beda, ada yang di Bandung, Cimahi, Surabaya, Bali, Medan, Papua, Riau, terus ada juga yang kerja di Mabes Cilangkap, ada yang AD, AL, dan AU. Ini lumayan bisa nambahin stock kenalan gue kalo gue bepergian di luar kota. hehe
   Disini gue bukan cuma ngajar aja, tapi juga sering kok dibeberapa diklat (pendidikan kilat) yang peserta nya suka main PES, gue nginep. haha.. Jangan bayangin kamar mess asrama nya kayak barak militer di film-film perang. Tapi mess mereka AC, spring bed, kamar mandi ada shower nya. Makanya kadang kalo jangka waktu diklat mereka abis tuh biasanya pada nagih untuk nambah, tapi ya jawabannya udah pasti: gak boleh! haha.
   Intinya, gw dapet nih salah satu hal yang bikin haru pas ngajar. Bayangin aja, pas hari pertama diklat gw nemuin para tentara-tentara yang ga bisa apa-apa dalam hal komputer, tiga bulan kemudian gw menemukan sekumpulan orang-orang yang saling kerja sama menghasilkan sesuatu. Bikin jaringan wi-fi, benerin komputer yang rusak, bikin server, bikin aplikasi komputer. Terharu deh ngeliat orang-orang sekeliling lo bisa berkembang, apalagi sedikit banyak karena campur tangan lo :')
    Yah, seperti apa yang sering kita nyanyikan pas Malam Pengantar Tugas (malam penutupan diklat), semoga kapan-kapan kita berjumpa lagi, mungkin lusa atau dilain hari Terima kasih :')
di deket logo kemhan narsis dikit

  *notes: kalo ada peserta diklat yang kebetulan baca ini, tolong comment ya :D